jump to navigation

Hidden paradise di TTS

Akhir tahun 2010 kita ditugaskan ke propinsi Nusa Tenggara Timur untuk melakukan field trip geologi, tepatnya di daerah kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) dengan kota kabupaten yang berada di Soe. Field trip ini bertujuan untuk melakukan evaluasi geologi permukaan terhadap source rock, tipe reservoir dan trap mechanism di wilayah tersebut untuk keperluan kegiatan eksplorasi migas.

Dilihat dari sudut pandang geologi, wilayah ini merupakan daerah yang tergolong sangat komplek. Tingkat kompleksitas struktur geologi dan stratigrafi membuat para ahli geologi tertarik untuk mempelajari area ini. Penelitian-penelitian yang pernah dilakukan di daerah ini telah menghasilkan beberapa gelar doktor geologi yang sebagian besar berasal dari institusi luar negri. Selain itu, ratusan paper/jurnal ternama telah diterbitkan di luar negri tentang kondisi geologi daerah ini. Lebih jauh, wilayah ini juga menjadi lokasi tipe dari ratusan fosil berumur Perm.

Akan tetapi, kali ini saya tidak akan membahas lebih detail mengenai kompleksitas kondisi geologi tersebut. Yang ingin dibahas di sini adalah keindahan alam yang dimiliki daerah ini, tepatnya di wilayah Kolbano (ditunjukkan oleh gambar Mbah Google dan peta Mapsource di bawah). Untuk menuju tempat ini dibutuhkan waktu sekitar 5 jam dari Kupang dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Keindahan alam yang dimiliki oleh Kolbano terdiri atas landscape pegunungan/perbukitan batugamping dan pantai yang sangat unik dan tentu saja indah sekali.

Menurut saya, pantai yang dimiliki oleh daerah ini tiada duanya. Berbeda dengan pantai-pantai pada umumnya, pantai yang berada di Kolbano merupakan hamparan batu kerikil berbentuk membundar dan sangat halus, di beberapa tempat hampir tidak ada kandungan pasirnya. Batu-batu kerikil ini berwarna-warni, putih, merah muda, merah dan abu-abu. Fragmen batuan ini terdiri atas pecahan batugamping, kuarsa, rijang, batuan metamorf dan pecahan batuan beku.

Air laut yang terdapat di pantai ini sangat jernih dan masih terasa asin di lidah. Saking jernihnya, kita dapat mengamati dasarnya dengan jelas. Pendapat saya, pantai ini adalalah pantai terindah di seluruh dunia yang pernah kita temui sampai saat ini.

Di kesempatan itu, kita tidak melewatkan untuk berenang di pantai Kolbano ini. Waktu itu kondisi pantai sangat tenang, tidak berombak dan tidak ada arus, seperti di danau.

Pantai lain yang dapat dijumpai di daerah TTS ini adalah pantai Banli. Seperti halnya di Kolbano, batuan yang terdapat di pantai ini juga terdiri atas batu kerikil berwarna yang halus, akan tetapi kandungan pasirnya lebih banyak (Gambar di bawah). Waktu itu, kita sampai di pantai Banli sekitar jam 12.00 siang hari, temperatur yang sempat kita catat adalah sekitar 47 derajat celcius. Di pagi dan sore hari temperaturnya sangat ideal untuk bermain di pantai.

Akan tetapi sungguh sayang, fasilitas wisata yang terdapat di pantai-pantai ini belum tersedia. Jalan utama yang merupakan jalur pantai Selatan milik negara sepanjang lebih dari 200km  yang terhubung dengan daerah Batu Putih dan Negara Timor Leste di Timur, masih dalam proses pengerjaan menyebabkan daerah ini menjadi daerah yang terpencil. Jalan kecamatan dan jalan propinsi yang tersedia masih berupa jalan tanah dan batu. Kemiskinan dan keterbelakangan masih menghantui daerah ini.

Di bawah ini adalah gambar kantor Polsek dan kantor Camat Kolbano tahun 2010. Semoga di masa mendatang kawasan ini menjadi lebih maju.

Comments»

1. jeff - September 23, 2011

Bro, tx untuk info dan foto2nya…kapan2 saya mampir di pantai indah ini….kebetulan profesi geologist yang sangat menyenangkan dapat membawa kita sampai kesana…melakukan penyelidikan sekaligus jalannnnn….jalannnnnn

2. Asti - September 7, 2012

saya bersyukur atas satu hal yang mungkin bisa dibilang hal itu termasuk ketertinggalan… yaitu terpencilnya daerah wisata ini. bukannya perkembangan dan banyaknya wisatawan hal yang buruk akan tetapi hal yang ditimbulkan setelahnya atau bisa dibilang efek samping lah dengan adanya wisatawan yang tidak peduli lingkungan dan sembarangan adalah sampah mungkin juga aksi corat-coret. jenuh sudah saya melihat infrastuktur daerah pariwisata yang belang bontang gara** aksi tidak indah dari pengunjungnya. dan saya juga baru tahu tempat ini. SUBHANALLAH begitu indah ciptaan-NYA.

3. denis mararis - January 9, 2013

mas bro, kalo boleh sharing2 tentang kolbano bloknya…..heeee
kemarin saya kesana buat sekripsi saya, belum beres nih…heee

gama - July 5, 2013

Mas Denis, yang dimaksud blok nya tuh apa ya?

4. denis mararis - January 9, 2013

oh iya contac saya
085726413258


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: