jump to navigation

Pantai Kukup

Pantai Kukup merupakan salah satu pantai di Jawa Selatan yang berada di daerah Gunung Kidul, Wonosari, propinsi DIY. Lokasi ini berjarak sekitar 50km dari pusat kota Yogyakarta menuju ke arah Tenggara. Pantai ini memiliki panorama yang sangat indah dengan suasana yang cukup asri.

===================================================

Peta yang menunjukkan lokasi pantai Kukup dan sekitarnya.

===================================================

Pantai Kukup dari penglihatan Mbah Google.

===================================================

Saya tidak tahu secara detail bagaimana caranya untuk menuju pantai ini dengan menggunakan angkutan umum dari kota Yogyakarta. Jika ingin menggunakan angkutan umum, sepertinya dapat memanfaatkan angkutan umum berbentuk mini bus yang melayani trayek Yogyakarta-Wonosari, kemudiam dari Wonosari berganti angkutan umum berupa mini bus lainnya yang menuju pantai Kukup/Baron.

Seperti halnya kondisi jalan-jalan lain di wilayah propinsi DIY, kualitas ruas jalan utama dari pusat kota sampai ke pantai Kukup juga terbilang sangat bagus. Jalan beraspal mulus dengan marka yang sangat memadai memberikan kenyamanan berkendara yang menghantarkan para pengunjung untuk menuju lokasi pantai dari pusat kota. Hal ini menunjukkan keseriusan yang sangat tinggi dari pemerintah setempat dalam merawat kondisi jalan yang ada, Barvo!!! untuk DIY.

Untuk menuju pantai Kukup dari pusat kota Yogyakarta, pertama-tama kita sebaiknya mengarahkan perjalanan menuju kota Wonosari. Jalur yang paling mudah untuk menuju Wonosari dari pusat kota Yogyakarta adalah dengan mengambil jalur lingkar luar Selatan (Ring Road Selatan) bagian Timur menuju ke arah jalan Raya Wonosari. Jarak terpendek dari lingkar Selatan Yogya menuju Wonosari melalui jalan raya Wonosari adalah sekitar 32 km.

Setelah sampai di kota Wonosari, terdapat dua jalan alternatif untuk menuju pantai Kukup. Jalur pertama yaitu, setelah melewati alun-alun Wonosari belok kanan melewati desa Kemandang ke arah pantai Kukup (terdapat tanda petunjuk untuk belok ke kanan). Kondisi jalan jalur ini cukup bagus dengan marka yang sangat memadai. Jalur ini berupa jalur yang berkelok-kelok melewati perbukitan batu gamping khas Gunung Kidul. Panjang rute ini dari Wonosari sampai pantai Kukup adalah sekitar 23 km. Sebelum memasuki kawasan pantai, terdapat gerbang loket retribusi. Waktu itu, tarif untuk memasuki pantai adalah 2000 rupiah/per orang. Setelah melewati gerbang ini, terdapat pertigaan, ambil ke arah kiri untuk menuju pantai Kukup, sedangkan yang ke arah kanan menuju pantai Baron.

===================================================

Gerbang Retribusi

===================================================

Jalur alternatif kedua adalah dengan melalui pantai Krakal. Untuk melewati jalur ini, dari alun-alun Wonosari belok ke kanan mengikuti rute pertama yang telah disebutkan di atas. Ketika bertemu desa Mulo, belok ke kiri melalui jalan menuju Girisubo.  Sama halnya dengan jalur sebelumnya, jalur ini juga merupakan jalur yang berkelok-kelok dan naik/turun. Akan tetapi, dibandingkan dengan jalur yang sebelumnya, kondisi jalur ini secara umum lebih mulus. Penyempitan jalan ditemui setelah melewati pertigaan desa Sidoharjo, sebelum memasuki desa Tepus. Panjang penyempitan jalan ini sekitar 7 km sampai di pantai Krakal, hal ini menyebabkan agak sulit jika berpapasan dengan kendaraan besar. Untuk menuju pantai Kukup, setelah bertemu dengan pantai Krakal, ikuti jalan beraspal mulus dengan marka minim menuju ke arah Barat sepanjang sekitar 6.5 km sampai akhirnya bertemu dengan pantai Kukup. Anda dapat juga singgah di Pantai Krakal. Gerbang retribusi terdapat sekitar 3 km sebelum memasuki kawasan pantai Krakal.

===================================================

Jalan penghubung pantai Krakal-Kukup dari arah Kukup.

===================================================

Sebelum memasuki pantai, terdapat tempat parkir terbuka yang cukup luas. Semua kendaraan disarankan oleh petugas untuk parkir di tempat ini, kecuali yang memiliki ijin atau yang ingin menuju ke penginapan. Jarak bibir pantai dari tempat parkir ini sekitar 300 – 500 m. Di kanan dan kiri jalan dari tempat parkir menuju pantai, terdapat banyak warung kecil yang menjual suvenir dan makanan olahan hasil laut berupa keripik udang (udangnya berwarna merah, sedikit dan kecil-kecil), kepiting goreng, ikan dan lain-lain. Tepat sebelum memasuki kawasan pantai, biasanya terdapat beberapa tempat penjualan ikan laut hias  dan terumbu karang hidup.

 ===================================================

 ===================================================

Pantai Kukup berupa paparan karang (reef) laut dangkal sejauh 75-100 m dari bibir pantai yang terisolasi oleh tebing-tebing batugamping di bagian Utaranya. Terdapat gundukan terumbu karang di ujung pantai sebagai batas dengan laut lepas. Terumbu karang ini sangat berperan untuk menghalangi kawasan pantai dari terjangan ganasnya ombak laut Selatan, sehingga di tepi pantai kondisi gelombangnya sangat bersahabat. Jika terjadi pasang surut, pantai ini masih digenangi oleh air laut yang jernih, terutama di daerah-daerah rendah yang terisolasi, kita masih bisa bermain air di tempat tersebut sambil mencari ikan hias yang terperangkap di kubangan. Kita juga dapat berjalan kaki sampai ke ujung pantai ketika surut, hati-hati dengan keberadaan bulu babi yang banyak terdapat di daerah di ujung pantai yang bersembunyi di lubang-lubang karang. Di sore hari ketika kondisi pantai surut, kita juga bisa melihat banyak cacing wawo/palolo keluar dari lubang persembunyian dengan berbagai macam ukuran.

Oleh karena minimnya fasilitas dan peralatan keselamatan yang tersedia, sebaiknya menghindari bermain di kawasan pantai ketika sedang terjadi pasang naik maksimum karena sangat berbahaya.

===================================================

Batas pantai.

===================================================

Bulu Babi.

 

===================================================

Pasir pantai Kukup sebagaian besar didominasi oleh butiran pecahan batu gamping yang cukup halus berwarna putih kekuningan atau coklat kekuningan. Air yang terdapat di pantai ini sangat jernih dan sangat cocok untuk berenang, tentu saja rasanya masih asin. Kita juga dapat menyewa tikar yang dijajakan oleh ibu-ibu tua yang dapat dijadikan sebagai alas di atas pasir seharga 5000 rupiah per tikar untuk menikmati asrinya lingkungan pantai. Jangang lupa untuk membeli degan (kelapa muda) yang dijual di area pantai ini. Rasa degan yang ditawarkan di pantai ini sangat khas karena dipetik dari pohon kelapa yang tumbuh di daerah batu gamping, air degannya seperti memiliki kandungan soda, mantapsss dan ceeesss.

Jika ingin menikmati keindahan pantai Kukup dengan menggunakan kendaraan pribadi, disarankan agar membeli logistik (makanan, minuman, dll.) di kota Wonosari. Waktu itu, di pantai ini masih belum tersedia pertokoan atau minimarket. Pasar ikan segar hanya dijumpai di pantai Baron. Seperti halnya kawasan wisata lainnya, harga air mineral dan snack relatif mahal. Jika ingin membeli makanan (kripik udang, kepiting goreng atau ikan), kelihaian untuk menawar akan sangat bermanfaat agar harganya bisa lebih murah. Sepanjang yang saya tahu, tidak tersedia tempat makan yang terekomandasi di sekitar wilayah pantai ini. Selain itu, pastikan bahwa kondisi tangki BBM cukup untuk digunakan selama perjalanan, terutama pengguna BBM non subsidi karena SPBU yang menyediakan premium dan solar hanya terdapat di sekitar kota Wonosari, sedangkan BBM jenis non subsidi hanya tersedia di SPBU wilayah kota Yogyakarta.

===================================================

Jalan utama di kota Wonosari dan tempat makan instan yang rekomended, murah beneran kok (tidak bermaksud untuk promosi karena penulis tidak kenal dengan pemilik RM ini).

===================================================

Jika ingin ke pantai ini, lebih baik berangkat dari kota Yogyakarta pada pagi hari, kalau bisa sebelum jam 6 pagi sudah harus berangkat agar sampai di pantai tidak terlalu siang untuk menghindari udara yang panas dan terik. Atau dapat juga berangkat dari kota Yogyakarta di siang hari, sehingga dapat menikmati indahnya suasana pantai dan eksotisnya sunset di sore hari. Anda juga dapat menginap di penginapan yang berada di dekat pantai Kukup. Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari penjaga penginapan di tempat itu, ketika itu harga penginapan per cottage yang terdiri dari 3 kamar dengan AC dan kamar mandi serta TV adalah 350 ribu rupiah per malam. Di sebelah cottage tersebut terdapat penginapan berupa kamar yang disewakan dengan harga 100-200 ribu rupiah per kamar. Penginapan serupa juga dapat dijumpai di sekitar pantai Krakal.

Di kawasan Gunung Kidul ini masih terdapat pantai-pantai indah lainnya yang dapat disebut sebagai hidden paradise. Pantai-pantai lain yang tidak kalah indahnya yang terdapat di sekitar Gunung Kidul ini di antaranya adalah pantai Sundak, Krakal, Sepanjang, Ndrini, Baron, dan lain-lain. Pantai Baron adalah pantai nelayan, tidak terlalu bersih karena tepat berada di muara sungai. Pantai Ndrini juga merupakan pantai nelayan, namun demikian terdapat tanda dilarang berenang di pantai ini. Pantai Sepanjang merupakan pantai yang cukup panjang dengan fasilitas yang sangat minim. Pantai Krakal juga memiliki area yang juga sangat panjang dengan kondisi pasir yang lebih kasar dibandingkan dengan pantai Kukup. Menurut pengakuan warga setempat, hal ini dikarenakan pasir pantai yang terdapat di sini sering diekploitasi untuk dijual. Saya belum sempat ke pantai Sundak dan lainnya.

Berkunjung 15 Juni, 2010. Di publikasikan Oktober, 2010.

===================================================

Bermain di pantai Kukup:

Horeee… dapat ikan….

Hey… ada ikan ngumpet.

Bermain pasir…

Setelah berenang, tanganku masih ada pasirnya.

===================================================

Pemandangan pantai Kukup.

===================================================

Dari ujung pantai menghadap ke Utara.

===================================================

Kepiting goreng di pantai Kukup.

===================================================

Comments»

1. ringgo - December 8, 2011

tulisan yang bermanfaat…salam…

2. Nelson Simbolon - August 15, 2012

super sekali blognya. Makasih😀

3. prabowoadhy - September 14, 2012

waaahh mas.. aku mau kesana nanti,, mohon petunjuknya yaa.. email prabowo.adhy@gmail.com🙂

4. @fajrinaAdyt - January 12, 2013

keren, minat banget kesini, tahun kemarin ada planning cuman di cancel T^T jadi tahun ini harus dateng xD!!
cuman bingung penginapan di sekitar pantai kukup :’

5. eddo - February 11, 2013

capek2 dari gresik terbayar sudah, memang sangat indah mas, perjalanan yang sangat menyenangkan memasuki kabupaten wonosari ,bisa melihat kota jogja dari atas bukit, dan pemandangan yang mengesankan dan akhirnya menemukan pantai yang indah, selamat mencoba kawan🙂

6. wiwin wahid - March 10, 2013

sip komennya insya alloh kita mau kesana tg 6 april’13

7. goenarti pra - June 26, 2013

informasi yg sangat membantu…insyaAllah awal puasa mau ke sana

ismi - September 26, 2013

siip banget infonya, Insya Allah Nopember 2013 mau ke pantai Kukup. trim

8. BBC - September 26, 2013

keren! aku share di blog ku ya kak🙂
barabereclub.blogspot.com

gama - September 26, 2013

Silahkan mas, dengan senang hati.

9. etis beloved - November 13, 2013

bener deh emang indah….gue lebaran kemarin br dr sana.
yg blm kesana cobain aj…

10. ilman - June 13, 2014

Kalo naik kendaraan umum repot gak ya dari tempat turun ke pantainya?

11. dhera - March 7, 2015

luarbiasa k’indahanny..! indonesia punya..love yogja
@dhera_Bdg

12. heru goa pindul - March 30, 2015

Keindahan di pantai kukup memang sangat bagus mas..informasinya juga sangat bermanfaat sekali…

13. luki - November 24, 2015

Wah jadi pngin nangkep ikan hias

14. Wati - January 25, 2016

Halo, bulan mei kami ada rencana ke ke pantai ini, bisa minta petunjuk dong ke email : prasetyawt@gmail.com — terima kasih kami tunggu infonya. saya peke bus besar..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: