jump to navigation

Data analysis di dalam excel untuk menentukan nilai P10, P50 dan P90

Biasanya dalam melakukan risk analysis, kita diminta untuk menentukan nilai P10, P50 dan P90 (Percentile 10, Percentile 50 dan Percentile 90) sebagai salah satu pendekatan untuk mengukur derajat uncertainty. Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk mentukan angka-angka tersebut dengan menggunakan Microsoft excel pada hasil beberapa run scenario probabilities. Sebelumnya, di dalam program excel anda harus tersedia fasilitas Data Analysis yang terdapat di tab Tool, jika tidak, install fasilitas tersebut dengan menggunakan add-ins yang juga ada di tab Tool. Pada versi excel 2007, add-ins ini dapat ditemukan di excel option, lihat gambar di bawah ini sebagai panduan untuk menambahakn tool data analysis tersebut.

Contoh di bawah ini merupakan salah satu cara untuk menentukan nilai P10, P50 dan P90 dari 500 case perhitungan Oil Original Initial in Place (OOIP) sebuah zona reservoir minyak.

data_analysis

Pada excel versi 2007, tool Data analysis tersedia di tab Data (lihat gambar di bawah ini).

1. Copy kan atau buka data hasil run di dalam excel.

2. Urutkan nilai OOIP dengan menggunakan icon sort ascending.

sort_ascending

3. Setelah itu, dengan cara trial and error buatlah bin number (sebenarnya ada tekniknya sih, tapi maaf lupa).

bin

4. Untuk membuat grafik distribusinya dalam bentuk histogram, click Data Analysis yang ada di tab Tool. Block semua nilai OOIP sebagai Input Range, dan masukkan juga semua angka bin nya ke dalam Bin Range. Jangan lupa untuk mengaktifkan radio button New Worksheet Ply, Cummulative Percentage dan Chart Output.

histogram

5. Setelah itu akan muncul Sheet baru yang merupakan hasil dari proses data analysis di atas. Perbaiki dan percantik tampilan grafiknya sesuai selera dengan cara right click on the graph agar terlihat indah dan mengesankan.

hasil_data_analysis

6. Untuk menentukan nilia P10, P50 dan P90 di atas, tarik aja garis dari masing-masing nilai tersebut yang memotong kurva cummulative distribution, tentu saja ini dilakukan secara manual. Dari grafik di atas anda bisa melihat distribusi OOIP, skewness dan nilai modus.

7. Untuk menentukan nilai P10, P50 dan P90 secara pasti, maka langkah selanjutnya adalah (lihat gambar di bawah). Insert 4 column di depan data.

insert_column

8. Setelah itu buka kembali Data Analysis yang terletak di tab Tool. Kali ini pilih option Rank and Percentile.

Rank_and_Percentile

9. Masukkan Input Range yang dalam hal ini OOIP dan jangan lupa untuk mengaktifkan radio button Output Range dan Hightlight lah keempat column yang sebelumnya telah dibuat.

Input_Range

10. Setelah itu akan mucul hasilnya pada column yang tadi kosong. Pada column Percent anda dapat mencari angka P10, P50 dan P90 dan case yang menghasilkan angka-angka tersebut. Kadang anda harus memutuskan bahwa angka P10 setara dengan angka 9.99% , demikian juga dengan P50 dan P90.

Hasil_percentile

Selain itu, anda juga bisa mencoba funtionality lain yang tedapat di window Data analysis, seperti melihat summary statistic dengan menggunakan Descriptive statistic, melakukan f-test, t-test, menghitung variance dan lain-lain.

=====

Comments»

1. jaya_karta - March 30, 2011

terima kasih bung informasinya. Berkat infonya tugas saya akhirnya selesai deh..
thank’s yh sekali lagi//
GBU


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: