jump to navigation

Cara loading data sumur di Petrel

Sebenarnya ada banyak cara untuk melakukan loading data sumur di PETREL. Di halaman ini saya ingin berbagi tentang bagaimana cara untuk loading data sumur di PETREL yang biasa dilakukan oleh penulis/pengetik yang merupakan cara yang cukup sederhana.

Pada umumnya, data sumur yang dimaksud terdiri atas data survey deviasi (kemiringan) dan log yang berupa data ascii atau las. Selain itu terdapat pula data gambar, marker, dll.

Berikut ini adalah prosesnya:

1. Siapkan data survey deviasi dengan benar dalam bentuk kolom dan baris dengan format .dat atau .txt.

survey_data

Di atas adalah contoh data survey deviasi. Saya lebih menyukai jika data tersebut tersedia dalam susunan MD, Inclination dan Azimuth.

2. Siapkan data log  berupa data ascii dengan benar dan rapi dalam bentuk kolom dan baris dengan format .dat atau .txt. Pastikan letak kolom dari data log yang akan di-load dapat diidentifikasi dengan mudah.

Data log

3. Jika anda membuat project baru di PETREL, langkah pertama adalah memastikan bahwa semua unit sesuai dengan data yang kita miiliki dan juga sesuai dengan kebutuhan.

Project setting

4. Untuk loading data sumur, well folder harus dibuat terlebih dahulu (gambar di bawah). Well folder yang telah kita buat dapat ditemukan di Input explorer.

Insert well folder

5. Selanjutnya kita insert-kan sumur-sumur yang akan kita load dengan cara melakukan klik kanan pada well folder yang sebelumnya telah dibuat/tersedia. Setelah itu akan muncul window baru Create new well. Di window ini kita harus mengisi informasi nama sumur, lokasi sumur (koordinat) dalam bentuk x dan y, ketinggian KB, dan jangan lupa untuk memasukkan angka Total depth sumur pada kolom Bottom MD.

Add well

6. Setelah itu anda dapat melihat sumur anda pada 3D view window sebagai sumur yang lurus/vertikal (gambar di bawah).

3D well view

7. Langkah selanjutnya adalah memasukkan data survey deviasi untuk sumur yang memiliki kemiringan. Jika sumur anda lurus/vertikal, anda tidak perlu melakukan proses ini.

import dev survey

Setelah anda memilih file survey deviasi, akan muncul windows Import well path/deviation. Pilih radio button MD,INCL,AZIM (karena data kita memiliki susunan demikian). Isilah dengan benar nomer-nomer kolom yang sesuai pada data yang kita miliki pada MD: INCL: dan AZIM:. Yang lain default aja deh.

window deviation survey

Setelah itu anda bisa melihat sumur anda pada 3D view telah bengkok atau miring (gambar di bawah).

well 3D view

8. Kemudian anda dapat melakukan loading data log ke dalam sumur tersebut.

Import log

Setelah anda melakukan pekerjaan di atas, akan muncul window Import well logs. Pada pekerjaan ini, saya lebih suka mengaktifkan Radio Button Specify logs to be loaded dan kemudian klik append item in the table icon untuk memasukkan data sesuai dengan jumlah kolom datanya.

window import log

Anda bisa mengubah nama log anda sesuai dengan kebutuhan pada kolom log name. Perhatikan penomeran kolom pada kolom Coloumn yang harus teridentifikasi dengan benar. Selain itu, anda harus mengisi property tamplate log yang akan di load dengan benar sesuai dengan jenis log yang di-load, jika property template tidak tersedia, pilih General saja.  Pada kolom Global well log biarkan sesuai default untuk saat ini. Untuk sumur selanjutnya anda tidak perlu membuka Property template, hanya mengubah isi di kolom Global well log saja, tapi jika log template tidak tersedia di kolom Global well log, maka anda harus menambahkan template lain di kolom Property template.

Sebaiknya pada tab Setting aktifkan Skip undefined: dan masukkan angka null value anda sesuai dengan data yang anda miliki (biasanya berupa angka -999.25).

9. Nah sekarang anda sudah memiliki sumur dengan log yang dapat dilihat di 3D view, well section view atau anda juga telah dapat melakukan cross plot log pada window function.

well 3D view completed

Note: Sebanarnya loading data yang paling mudah dan cepat adalah dengan menggunakan las loading, akan tetapi data yang anda miliki harus dalam bentuk las file yang baik yang dapat dikelanali dengan mudah oleh PETREL.

======

Comments»

1. Unee - April 9, 2016

Terimakasih tutorialnya membantu skali🙂 data saya sudah dalam bentuk las, tapi bgtu di import dgn format well logs slalu gagal, ITU kira2 kenapa yah Kak? Terimakasih sebelumnya

gama - April 10, 2016

Kalau saya selalu berhasil. Kalau berkenan, bisa kirim ke saya data .las-nya, barangkali saya bisa membantu.

2. Unee - April 10, 2016

Wahh makasi byk Kak. Kalo gtu aku boleh minta emailnya kak?

mefra - September 15, 2016

boleh minta data sumur dan data seismik gak kak. saya gk punya data sama sekali, padahal pengen belajar petrel !!🙂

gama - October 4, 2016

Data sumur dan seismic biasanya confidential (rahasia). Kalau ingin punya data tersebut, pakai saja data dari demonya petrel, yaitu Gulfak

3. mefra - September 15, 2016

boleh minta data sumur dan data seismik gak kak. saya gk punya data sama sekali, padahal pengen belajar petrel !!🙂

gama - November 8, 2016

biasanya data tersebut merupakan data confidential. Anda bisa dapat contoh data di project demo nya petrel, yaitu gulfak project.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: