jump to navigation

Beberapa gambar tentang Operasi Pemboran di Laut Dalam

Di bawah ini merupakan beberapa gambar yang berkaitan dengan operasi di Laut Dalam (Drill Ship).

==============================================

Rig Floor.

==============================================

Rantai Jangkar Drill Ship.

==============================================

Moon Pool dan Raiser.

==============================================

Mud Looging Unit. Ini adalah salah satu tempat Well Site Geologist Nongkrong dan Noong. “Horeeee…. 100% Shale, as above lah..”.

==============================================

Logistic vessel datang. Semoga dia bawa sambal.

==============================================

Salah satu lengan pengangkat.

==============================================

Derick.

==============================================

Helideck.

==============================================

Mengejar matahari terbit sebagai salah satu hiburan. Hari baru berganti, tapi masih tetap terapung di tengah samudra.

==============================================

Matahari terbit di hari berikutnya.

==============================================

Tempat lay down tool dari Logistic Vessel.

==============================================

Lorong menuju kamar di Deck E.

==============================================

Kamar tidur.

==============================================

Aku sedang nunggu lift mau ke tempat makan.

==============================================

Suplay Vessel sedang stand by di malam hari di sekitar Drill Ship.

==============================================

Sedang Run in Hole (RIH), para well site geologist bisa bergaya dong..

==============================================

Kucoba menerawang untuk mendalami dalamnya laut.

==============================================

Raiser.

==============================================

Logging Unit milik SLB.

==============================================

Para Engineer SLB melakukan checking terhadap tool. Warna hitam adalah packer, yang berwarna putih dan panjang, aku tidak tahu.

==============================================

Burner Tower untuk membakar (flare) fluida pada waktu dilakukan DST.

 

==============================================

Flare ketika flow DST.

==============================================

Pesawat kecil menuju lokasi pemboran yang agak terpencil.

==============================================

Comments»

1. astity - January 30, 2014

assalamu alaikum pak..
maaf sebelumnya, saya mahasiswi UNHAS jurusan teknik Perkapalan tertarik dengan drilling ship yang menjadi tugas akhir saya ingin meminta bantuan bapak,,
saya ingin menanyakan bagaimana operasi pengeboran pada drillship. beban apa saja yang mempengaruhi pada saat proses pengeboran

gama - January 31, 2014

Wa alaikum salam mas/mbak,
Terima kasih telah berkunjung dan membaca blog saya.
Saya masih agak kurang jelas tentang apa yang dimaksud dengan ‘beban’. Namun demikian, saya mencoba untuk menerkanya, semoga dapat membantu.
Secara garis besar, onshore/land drilling system terbagi menjadi 4 bagian utama, yaitu main power system, hoisting system, rotating equipment dan circulation system. Dari keempat itu, hanya satu sistem yang merupakan sumber tenaga, yaitu main power system, yang lainnya dapat dikategorikan sebagai beban. Jika pemboran dilakukan dengan menggunakan drill ship, maka ada beban tambahan yaitu dynamic positioning system berupa thruster dan navigation system.
Semua system yang dimaksud di atas harus terintegrasi dab bekerja dengan baik ketika sedang melakukan pemboran/drilling. Jika salah satu sistem tidak bekerja dengan baik, hal ini dapat menyebabkan kegagalan pemboran, bahkan dapat menyebabkan fatality yang cukup parah, contohnya blow out yang tidak terkontrol.
Jika ada pertanyaan lebih detail, silahkan dikemukakan dan semoga saya bisa menjawabnya.
Salam.

2. Andry Ruswandi - February 13, 2014

terimah kasih atas jwabannya pak. sy terkendala di pondasi menara di drilling ship pak?pondasi yang melekat langsung di deknya apa sama dengan pondasi yang digunakan di offshore yakni pondasi tiang pancang?

gama - February 23, 2014

Mas Andry,
Maaf agak lama response-nya

Drill ‘Ship’, sesuai dengan namanya, pada dasarnya adalah semacam kapal. Jadi terminologi singkatnya Drill Ship adalah kapal pemboran yang memiliki Rig. Berbeda dengan dengan tipe Rig lainnya, Drill Ship tidak memiliki pondasi atau tiang pancang. Sebagai gantinya, Drill Ship memiliki dynamic positioning system yang terdiri atas thruster system yang dokontrol oleh sistem navigasi GPS melalui satelit. Penghubung antara Drill Ship dengan lubang bor adalah “Riser system” yang terkait dengan Blow Out Preventer (BOP) yang biasanya diletakkan di Sea Bed yang merupakan bagian atas dari lubang bor.

Thruster merupakan baling-baling, biasanya ada 4 buah yang terletak di 2 bagian depan dan 2 di belakang. Selama melakukan pemboran, keempat thruster ini bekerja 24 jam menjaga agar Drill Ship tidak bergerak terlalu jauh melewati batas area toleransi dan untuk melakukan manuver. Jika batas teleransi terlampaui, maka dapat menyebabkan Riser dan drill string (sususan piranti pemboran) patah dan rusak.

Lebih lanjut, Drill Ship tidak bisa melakukan pemboran di laut dangkal. Saya kira batas minimum kedalaman air adalah sekitar 400 – 500m, atau tergantung spesifikasi kemampuan Drill Ship.

Jadi untuk menjawab pertanyaan, Drill Ship tidak memiliki memiliki pondasi tiang pancang. Drill Ship memiliki Anchor (Sauh) seperti halnya kapal, namun tidak digunakan ketika melakukan pemboran. Untuk melakukan pemboran di laut yang lebih dangkal dapat menggunakan Semi-Sub Rig yang memiliki Anchor (sauh), biasanya 8 buah anchor (sauh). Kemudian, ada Rig Jack Up, untuk area yang lebih dangkal lagi. Setelah itu Platform Rig yang menggunakan tiang pancang.

Saya sarankan untuk melakukan Googling agar mendapatkan jawaban yang lebih komprehensif tentang pemboran di laut. Namun demikian, jangan sungkan untuk bertanya lebih detail, saya akan mencoba menjawabnya sebatas kemampuan saya.

Salam.

3. astity - March 11, 2014

assalamu alaikum pak,,
maaf sbelumnya, kl berkenaan sy bs minta foto tumpuan kaki menara bornya kapal drilling ship ??
dan ada ndak peraturan yang mengatur tentang konstruksi menara yang digunakan di drillship??
sy searching di google, cmn pngertian scra umum drillship. lum ada yang membahas bnyak mengenai konstruksinya

gama - March 19, 2014

Waalaikum salam Ibu astity,
Pertanyaan yang sangat menarik.
Saya kira pertanyaan ini berada di luar jangkauan keilmuan saya. Saya takut salah memberikan informasi.

Namun demikian, menara yang digunakan untuk malakukan pemboran disebut sebagai Derrick. Di Drill Ship terdapat dua konfigurasi derrick, yaitu single derrick dan double derrick. Drill Ship yang memiliki double derrick dapat memperpendek lamanya opereasi pemboran di laut dalam. Lamanya waktu pemboran sangat berarti terhadap biaya pemboran mengingat biaya operasinya yang sangat mahal, sekitar 1juta USD perhari, mungkin bisa lebih. Selain itu, oleh karena terbatasnya jumlah Drill Ship yang ada terbatas dan harus menyewa jauh-jauh hari sebelumnya, maka waktu dan durasi penggunaannya harus dipertimbangkan secara seksama dan detail.

Saya sarankan googling dengan menggunakan keyword ‘Derrick’. Semoga bisa membantu.

Salam,

4. hanisa - March 29, 2014

aslkum pak mau tanya bmana pengaruh moon pool terhadap stabilitas kapal drilling ???????

5. hanisa - April 4, 2014

bagaimana pengaruh moon pool terhadap stabilitas kapal drilling?

gama - April 4, 2014

Mohon maaf, saya tidak bisa menjawab pertanyaan ini karena saya tidak memiliki keahlian di bidang teknik perkapalan.
Namun demikian, setahu saya bahwa moon pool akan ditutup dan air akan dipompa keluar ketika rig moving.

hanisa - April 12, 2014

terima kasih atas jawaban nya

6. Wahyudin - September 6, 2014

saya mau bertanya pak…
kapan moonpool akan ditutup dan apakah moonpool itu sendiri tidak mempengaruhi kekuatan struktur kapal

gama - September 6, 2014

Maaf Pak, saya bukan ahli perkapalan dan juga bukan ahli mobilisasi rig. Jadi tidak bisa menjawab pertanyaan Bapak. Yang jelas, drill ship itu sudah melakukan banyak sekali pemboran laut dalam di hampir seantero dunia dengan sukses, termasuk north sea, delta nigeria, australia, dll. Jadi jelas bahwa moon pool sama sekali tidak mempengaruhi kekuatan struktur kapal.

7. najma hozilah zubaidi - September 28, 2014

gimana cara kerja drillingship?

gama - October 12, 2014

dari sisi kegiatan oil/gas, drillingship adalah sebuah rig yang dapat bergerak di laut dan dapat digunakan untuk melakukan pemboran laut dalam. cara kerjanya sama dengan rig pada umumnya.

8. lily muzdalifah - October 6, 2015

perkenalkan saya lily pak
mau bertanya
berapa lama drillship stay ditempat pengeboran?
dan selama stay apaka moonpool dibuka?
bagaimana pengaruh gelombang perairan dalam terhadap drillship?

gama - October 6, 2015

drilling ship akan tetap di tempat sampai drilling selesai. Yang menetap adalah platform.
Moonpool akan dibuka pada saat pekerjaan dilakukan. Moonpool merupakan lubang besar di kapal yang merupakan sarana penghubung antara rig floor dengan lubang sumur.
Ukuran drillship biasanya sebesar lapangan bola, gelombang kecil tidak memberikan pengaruh apa2 terhadap drillship, tapi mungkin gelombang tsunami dapat memberikan pengaruh.

9. Gama - December 30, 2015

Permisi pak,

Mau nanya, Itu loksi pemborannya dimana pak?

gama - December 30, 2015

Maaf pak, saya tidak bisa menyebutkan lokasinya karena ‘confidential regulation’. Yang jelas itu ada di wilayah Indonesia.

10. Kevin Andhika - November 23, 2016

maaf pak, kalo boleh tau apa saja sertifikasi yang harus dimiliki untuk bekerja di offshore?

gama - November 23, 2016

Pak Kevin, saya kira sertifikasi yang dibutuhkan akan sangat tergantung pada profesi atau bidang pekerjaan yang dijalani, sebagai contoh sertifikasi yang dibutuhkan untuk posisi welder under water pasti berbeda dengan posisi hse engineer walau keduanya sama-sama bekerja di offshore. Namun demikian untuk para pekerja offshore yang mobilisasinya menggunakan choper, setiap pekerja biasanya diwajibkan memiliki sertifikasi HUWET (Helicopter Under Water and Escape Training), plus sea survival.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: