jump to navigation

Peta di dalam Garmin versi baru

Bukan menjadi masalah utama bahwa Garmin dengan seri terbaru dengan code 1200/1300/1400 telah memiliki struktur file yang berbeda dibandingkan dengan versi yang sebelumnya. Yang dibutuhkan adalah mengaktifkan hidden file option untuk melihat file peta yang disembunyikan di dalam folder yang bernama “.system”. Tidak seperti Garmin versi lama, folder “Garmin” dapat dilihat di root directory dan di dalamnya tidak terkandung file peta. Jika diletakkan file peta di dalam directory tersebut, maka peta tersebut tidak akan dikenali oleh device Garmin. Akan tetapi jika di dalam SD card dibuat folder Garmin dan diletakkan peta di dalamnya, maka peta tersebut masih dapat dikenali dan dibaca oleh device.

Di dalam folder GPX terdapat file yang bernama Current.gpx. File ini adalah file output dan hanya di ubah setiap kali Nuvi melakukan booting. Di dalam file ini akan terdapat sebuah copy data internal yang tidak dapat diakses secara langsung – all waypoints (favorites), track dan current route (jika ada). Terdapat juga file Temp.gpx di dalam folder GPX. Jika diletakkan waypoint di dalam file Temp.gpx dan file ini kemudian di simpan di dalam folder GPX, maka Nuvi akan meng-import-nya ketika booting.

Yang sangat menarik dan sedikit aneh, jika di root dirrectory dibuat folder bernama Map dan kemudian diletakkan semua file peta di dalam folder ini dengan nama apapun dengan extension .img, maka file tersebut dapat dibaca oleh Garmin. Jadi nama file peta yang terdapat di Garmin versi baru bukan menjadi masalah utama. Daftar peta yang terbaca di dalam device Garmin dapat dilihat di Menu > Tools > Setting > Map > Map Info.

Diterjemahkan dari http://www.gpsinformation.org/forum dengan beberapa perubahan.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: